aRtiKeL_oRaNGCakeP

Posted: 03AMGMT+0700+07:00 :: in Uncategorized, wAnna teLL u

PENJARINGAN MINAT IX ARISMADUTA

In MemoRianT

 

 

pAgi iTu taK aDa firasat apapun yang q rasakan…

di sekoLah aq masih beLajar seperti biasa, saat istirahat juga masih jajan n bercanda ma temen2..

 

siang harinya, pukul 13.30,

aq keluar kelas dengan menenteng2 helm mncari temanku,

rencananya aq mw diantar pulang sm dy.tapi mana ya???

Dy gak ada di aula, tempatnya biasa bermain breakdance.

 

Ternyata dy pulang duluan n ambil barang-barang pribadinya di rumah,,

Baru setelah itu ngantar aq pulang,,

 

Akhirnya aq tunggu dy di masjid. Kebetulan aq ada pertemuan PPI 2007,

Skalian aja dech..

 

Lama kemudian temanku itu datang,

Duh udah jam 2, padahal qta mw berangkat jam 3 lho ke sendang..

Tapi ya udah dech…

 

Di jalan, beli bensin..

Trus karena dompet temenku ketinggalan, aq lewat jalan dalam..

Eh ada karnaval…tapi bablas ae..

Aq papasan ma mbak nchuz n mbak oka.

 

Sdampai rs campur ternyata ada karnaval lagi

n bener2 gak bisa diterjang kaya tadi,,

 

qta puter balek,

sampai tugu,temenku ngeyel cari jalan.

Tapi ya gak ketemu,namae aja mundu:buntu.

 

Akhirnya qta balek ke boyolangu, lewat jalan barat.

 

Sampai ke kali, jalan ditutup lagee,,

Qta pake jalan alternatif ,

Sampe ngibak bli bensin lagi deh…

 

Sampe rumah Untung smw dah aq siapkan…

Aq ganti baju,

Tanpa mandi n makan,

Pamit ma ayah,coz ibuk lagi cuek ma aq..

 

Di jalan,

Sms berjibun…

Speedometer menunjuk angka diatas 100 km/h

N jalan yang kita lalui very2 nggronjal deh…

Tuh rute barat ke rumah q..

 

Sdampai skul,

Lho????

Mana truknya???

 

Whatz??temen2 MenINGGalkan qta…

Tapi di sana da mas hayi/ayik..

Akhirnya q ma temenku diajak berangkat bareng naek motor

Rencanae setelah maghrib,n da mas2 yang laen..

Qta tukeran nomer ma mas ayik,,

N dy pergi keluar.

Anak2 sms,mereka sampe sma karangrejo.

Qta my nyusul,eh ternyata qta gak ditunggu,,,

Qta beli bensin deh di terminal..

 

 

Andai Qta tau jalannya,

Berani deh jalan sendiri.

Tapi q ma temenku santai aja,

Sambil nunggu mas ayik yang lagi ngurus sesuatu,,

Qta sholat maghrib dimasjid an nur smaboy..

 

Pukul 18.40an ms hayi sms…

Bies tu qta ketemu di terminal.

Hehe mas hayi pake sarung,,

Tapi mana yang laen???

Katanya gak jadi..

Hah??tapi yo wes yang penting aq ga cm berdua ma temenku duank..

 

 

19.23an

Sampai sebuah tanjakan pertama,,

Ms hayi berhenti,

Tak kirain motornya macet..

Ternyata ngajak sholat isya’.

Firasatku mengatakan,,

ADA YANG ANEH!!

Dika : “Napa gak nanti ae?keburu malem khan?lagian perjalanan tinggal ¼ lagi..”

Ayik : “di sana gk da ‘tempate’ nanti..”

Dika : “ ‘apa maksude?emang anak2 disana gak pada sholat qo ga ada tempat…’ ”

 

Masjid dah sepi,padahal masih sore..

Dalam hati aq berdoa semoga gak ada apa2..

 

19.45

Sampailah qta pada perbatasan hutan,

Tepate rumah terakhir…

Qta rundingan : pake motor pa jalan,,

Pertimbangan waktu tuh, jalanan becek pol tapi hari dah malem..

So qta milih naek motor..

 

Jalan licin banget,,

Sempat beberapa kali mesti turun dari motor n jalan kaki…

PETUALANGAN DIMULAI

 

#Sampailah qta pada percabangan pertama,

Ada 2 cabang : kiriànaek banget, kananàlandai

Qta rundingan,akhirnya milih route kanan..

Kondisi jalan makin parah.

Selain sempit,

Naek n berkelok-kelok..

Cuma bisa untuk 1 motor bersaf,

Tentu juga, becek karena musim hujan.

Sampai pada percabangan kedua,

Ada cabang 2

Qta milih route kanan

(feelingnya qta b3 lagi sama,,,)

     pada percabangan ketiga,

ada 2 cabang,

     qta milih ke kanan

          percabangan keempat,

ada 2 cabang

     Kita pilih turun,di bag.kanan..

Ketemu suara sungai di bawah, ternyata qta di jurang…

Balek lagee…

Kita naek,,di bag. Kiri

Ternyata itu juga jalanan curam.

Lebar ±1 m   

Muter montor aja kesulitan.

Aq akhirnya ikut mas hayi krn ban motor neo licin bgt

Balek lagi ke percabangan ketiga

Qta milih route kiri..

Percabangan kelima,

Ada 3 cabang,

Cabang ke kiri naek,terjal

Ke kanan naek tapi agak landai

qta milih route kanan,

tapi itu sungai

Qta balek..

Milih route tengah..

Tapi ternyata menuju jurang..

Qta balek..

Aq liyat  route kiri, naek,

Tapi tuh kayaknya gak pernah di lewati karena jurusan jurang dan rumputnya tinggi tak bekas diinjak

 

              Balek lagi ke percabangan ketiga…

     Lalu qta ke percabangan kedua..

 

Di situ kita sempat sms arek2,

Tapi sinyal jelek,sms pending

Qta (aq n ms ayik) telfon ke anak2,

Parah!!!! Sinyal hilang…

Qta nelusurin lewat imaji masing2 tentang jalan yang tadi qta lewati..

Aq mencatatnya pada kalender,

Ga da yang dilakukan lagi selain berdoa..

 

Qta mutusin survei ke route kiri,

Neo giliran survey,,

Jalan meragukan..

Kondisi buruk, curam, licin..

 

Neo kembali ke percabangan kedua..

Mas ayik ada ide,

Aq ma neo nunggu di  percabangan JAGUNG (begitu kita menyebutnya)

Sementara itu mas hayi ngecheck ke percabangan pertama,

Aq sempat nglarang karena aq tau itu pasti nglewati hutan.

Senter Cuma ada 2, itupun punya mas hayi mblerek,,

Tapi akhirnya planning mas hayi berjalan..

Dy pake senterku,,

berjalan balik menuju rute tadi yang dikelilingi pohon2 tinggi..,,

 

Aq ma neo nggleyer2 pake motor n ngeklakson trus…

Berharap ada yang dengar…

Aq dan neo ga saling bicara…

Smw terisk2 : “HELLO GANK” berkali-kali,

Tapi hanya gema yang menyambut kami…

±10menit,,

Sempat terlihat cahaya lampu motor di seberang kami..

Dan suara motor berada seolah2 di atas kami, di sekitar bukit jagung itu..

Tapi hanya sekitar 2 menit,

Cahaya dan suara itu lenyap…

 

Selang ±15 menit kemudian….

Mas hayi balek,,tanpa hasil,,

Karena tentu saja ga tatak balek ke percabangan pertama,

lagi2 karena kabut tebal sudah sampai tempat kita berada..

 

saat itu juga subhanallah,,

ada signal…

sms2 terkirim semua..

arek2 balesi aq..,,balesi mas hayi..

mereka bingung,,qta malah lebih tenang..

 

ms enggar, ms Bayu, ms gun, cich, denis, smw sms aq :

”posisimu neng ndi??”,”dik,pye?”,”SOS opo maksude?”

aq bales mereka sekaligus :

”aq tersesat.., aq di pertigaan jagung….HELP ME!”

tapi gak da respon..

 

ms bimo sms mas hayi, tentang rute2 jalan,

mas hayi juga tanya tentang percabangan JAGUNG..

mas bimo bilang, “qta gak lewat itu.”

BINGUNG!!!!telepon diputus,qta muter otak..

 

Neo masih aja teriak2 agak jauh dari qta,

Qta (q n mas hayi)

tukeran nomer yang dikirimi sms..

aq ganti sms mas bimo, mb usher,,isinya sama…

mas hayi sms yang aq sms tadi..

lagi2 gak da respon,signal naik-turun antara 1-2

 

subhanallah, gak lama kemudian signal 3..

mas hayi telfon mas bimo, n aq tetep smsan ma anak2..

mas bimo nyebut2 GARDU PANDANG..

mas hayi jawab wes dilewati…

n mas hayi bilang udah lewat jalan yang sama kaya yang dibilang mas bimo..

tapi gak ketemu…malah banyak cabang2,,

beberapa yang di sana (terlibat percakapan itu, ‘kec.peserta, karena dirahasiakan’), bilang :

“cah, ya Allah, ndonga ae yow (dst., Ga jelas, signal memburuk..)”

tut..tut..tut_putus_        signal kembali gak bisa kompromi..

 

ada 1 sms masuk ke hp q..

BAYU : ”trus ngbel n bengok2”

DIKA : “dari tadi wes ngono,opo ra krungu?”

CICH : “dik, gmna? Qm dimana?”

Ternyata temen2 mengira aq ma neo tu ga 1 kelompok ma mas hayi.

Mereka kira mas hayi tuh sama mas2 yang ga jadi ikut tadi,,

N aq Cuma ma neo..

ya ampyuun,,Cape’ dech!!!

Po yo tatak aq lek Cuma sama neo??

Mending aq berangkat dhewe..hehe

Mas bimo malah mikir ga akan peduli,

Karena dipikirnya yang hilang mas hayi dkk senior,,

Gak taunya mas hayi ma neo n aq..

Konyol!!!!

 

Aki motor neo limit,

terpaksa klakson mengklakson n gleyer menggleyer dihentikan…

hanya berteman cahaya remang rembulan dan senter yang baterainya juga limit,,

qta bergeser agak kembali ke rute awal ± 15m dr percabangan JAGUNG.

Untung kabut semakin turun ke pemukiman penduduk,,

Qta bisa lebih jelas ngliyat hutan,,

Ngliyat hutan yang gelap maksudnya….

 

Lapar, dingin, dan capek mendera q n neo,

Tapi aq gak selera waktu mas hayi nawari maem..

Mas hayi makan bekalnya sendiri..

Aq diem aja sembari denger musik hajatan dari pemukiman,,

Lumayan,,setidaknya qta masih bisa tau klo qta di alam nyata,,

Umpama nanti bantuan gak datang,,

Qta sepakat bermalam di situ n ke basecamp besok pagi..

 

Bertepatan mas hayi menyelesaikan pengisian bank perut,,

Cahaya lampu motor n klakson2 dari mereka

Letaknya masih sama seperti yang tadi,

Di seberang kita..

Langsung aja deh motor digleyer2,

klakson neo bunyikan,

 

qta pikir mereka lyt qta,,

Qta berhenti klakson2an..

bicara sama mereka,

mereka juga menjawab..

Alhamdulillah ya Allah,,

Tapi ternyata petualangan tak berhenti sampai sini..

 

Qta mutusin naek ke route kiri yang tadi,

 

Karena itu adalah asatu2nya jalan terdekat..

Aq digandeng mas hayi..

Jalannya sempit, curam, licin,

Disamping kiri bawah ada tanaman jagung,

Sebelah kanan qta ada juga tanaman jagung tapi di atas (seperti bukit)

Baru separo jalan qta turun lagee ke percabangan kedua…

Hal itu kita lakukan karena jalan sangat sulit dan anehnya kabut datang lagi dari atas..

 

Sial,

Dimana temen2??

Mereka bergerak menjauh..

Bergerak ke atas kita..

Sms masuk, tapi gak ada signal

Gun : “we neng ndi?ngbelo trs!ora krungu.”

1 kesimpulan,,

ternyata tadi mereka cuma denger suara kita..

tapi mereka gak denger klakson dari motor neo,,

parahnya juga ga liyat cahaya lampu motor neo..

padahal qta bisa lyt mereka…

 

oh God!!!

Qta naek ke route kiri untuk yang kedua kalinya,,

Tapi kali ini kita menerjang..

Ga peduli apa yang sedang qta lewati,,

Hanya berbekal keyakinan bahwa qta ada di alam nyata!!!

Bismillahirrahmanirrahim. . .

 

Disana ada cabang ke kanan tapi kita trus

n qta liyat ada temen yang baru dari arah situ,,

mas bimo n ms bayu..

Meski harus jatuh n terpeleset beberapa kali…

Akhirnya qta menyusul dibelakang mereka..

ya Allah,, qta bertemu mereka…

Alhamdulillahirabbil’alamin…

 

Qta berhenti di pertigaan yang agak lebar..

(Ternyata tu jurusan route kiri percabangan pertama.)

qta bertiga n teman2 yang disitu bersalaman,

sujud syukur tentunya…

subhanallahu, alhamdulillahu, lailahailallahu, allahu akbar..

 

qta istirahat bentar disana..

cerita tentang Cahaya lampu motor n klakson2 yang aneh tadi,,

ternyata benar itu mereka,

dan mereka emang gak bisa ngliyat qta,,

meski jarak qta deket n qta bisa lyt mereka..

 

qta lemas, tertawa, heran, senang,

smw jadi satu..

eh, kaki mas bimo ternyata kna knalpot…

aq, neo, mas hayi, mas bimo, mas zulny, mas mcnow, mas bayu,

naek ke base camp bareng2..

jam menunjukan 00:48..

berarti qta 5jam tersesat..

waktu begitu singkat..

 

sampai sana aq berpelukan ma temen2…

qta langsung maem, minum kopi,

n gabung ma anak2 untuk PM IX..

masih asyik bercerita tentang perjalanan mengASYIKkan qta tadi..

 

PM berjalan lancar,

Qta pun pulang..

Diperjalanan q dan neo (krn mas hayi pul dulu) tertawa,,

krn lyt rute yang semalam qta lewati…

 

Pengalaman ini masih slalu ada, tersimpan kuat di memoriku…

Untuk pertama kali aq tersesat dengan serentetan kebetulan,,

Untuk pertama kali aq tidak takut pada kegelapan,,

Untuk pertama kali aq benar2 mengalami hal aneh (menurutQ),,

Untuk pertama kali aq mengabaikan feeling dan mengutamakan logika (akhirnya salah),,

Advertisements
Comments
  1. rankga says:

    Panjang banget critanya tapi seru banget moga kamu tambah pengalaman n jangan lupa bdoa trus kalo pas nd hutan. Klo pas magrib ato waktunya sholat berhenti dulu..
    soale aku dulu juga pernah ilang nd tanjung pakis juga gara2 magrib2 terus jalan…
    keep smile

  2. Kuwi nulis catper opo nulis puisi tho? he2x Opo malah gawe penunjuk arah kok kiri kanan atas bawah

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s